Contoh Karya Seni Rupa Murni & Terapan




Pengertian Seni 
Seni adalah suatu bentuk karya yang dibuat dengan ide-ide, gagasan dan kemauan yang ada di dalam jiwa yang terdapat nilai-nilai keindahan di dalamnya. Sementara seni rupa merupakan cabang dari seni yang membentuk sebuah karya seni menjadi sesuatu yang bisa dilihat mata dan disentuh tangan yang memiliki nilai estetika. Karya tersebut diciptakan dengan membuat titik, garis, bidang, bentuk, ukuran, warna, tekstur, fungsi dan pencahayaan yang di dalamnya terdapat nilai estetika atau keindahan.

Jika dilihat dari segi fungsi, seni rupa dibagi menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Pada proses pembuatan seni rupa murni lebih mengacu pada ekspresi yang timbul di dalam jiwa, misalnya sketsa gambar wajah, seni musik atau lukisan, sementara pada proses pembuatan seni rupa terapan memiliki fungsi atau tujuan tertentu misalnya patung dan ukiran. Sementara bila dilihat dari segi bentuk dan fungsinyanya, seni rupa dibagilagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi (2D) dan seni rupa tiga dimensi (3D).

Seni rupa 2D hanya terdiri dari panjang, tinggi, lebar saja sedangkan seni rupa 3D memiliki panjang, lebar serta volume. Dalam Bahasa Inggris seni rupa merupakan fine art, akan tetapi sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih mengarah kepada pengertian seni rupa murni dan kemudian tergabung dengan seni desain dan seni kriya ke dalam bahasan visual arts. Seni rupa terdiri dari dua bagian yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan/kriya.

Seni Rupa Murni
Seni rupa murni merupakan sebuah karya seni yang diciptakan untuk dinikmati dari segi keindahannya tanpa mempertimbangkan fungsinya. Seni rupa murni memiliki nilai estetika yang tinggi dan bebas menentukan tema yang diinginkan. Seni rupa murni berfungsi sebagai hiasan dan tidak untuk digunakan sebagai alat bantu manusia sehari-hari. Contoh seni rupa murni antara lain: seni lukis, gambar sketsa wajah, lukisan, kaligrafi, seni grafis, seni patung, keramik, sni pertunjukan, musik, drama teater, pertunjukan wayang, seni koreografi dan seni fotografi. Seni rupa murni sering dipertunjukan di galeri-galeri seni dan biasa digunakan sebagai penghias ruangan.
Seni Rupa Terapan
Seni rupa terapan merupakan seni yang dibuat untuk digunakan sehari-hari untuk memudahkan pekerjaan manusia tapi tetap memiliki nilai keindahan di dalamnya. Nilai keindahan bukanlah hal yang menjadi prioritas karena seni rupa terapan dibuat dengan lebih mementingkan nilai fungsi atau kegunaan sehingga seni rupa terapan bukanlah seni yang bebas mengekspresikan keindahan. Seni rupa terapan hampir terdapat pada benda-benda yang sering kita gunakan sehari-hari, seperti pakaian, peralatan rumah, peralatan dapur, arsitektur bangunan dan lain sebagainya. Dalam membuat karya seni rupa terapan harus memperhatikan faktor, keamanan, kenyamanan, nilai kegunaan dan juga keindahan.


Silahkan yg mau Download "Contoh Karya Seni Rupa Murni & Terapan" sudah dalam bentuk Ms. Word & Pdf ( Contoh Karya Seni Rupa Murni & Terapan.docx & Contoh Karya Seni Rupa Murni & Terapan.pdf )  di bawah sini :

Berbagi :

:

Komentar

Posting Komentar