Dongeng Ande-Ande Lumut


     Dewi Candra Kirana adalah sosok perempuan sangat Gantik wajahnya Ia telah bersuami. Suaminya adalah putra mahkota Kerajaan Jenggala. Raden Putra namanya. Karena Raden Putra menolak menjadi raja menggantikan ayahandanya, Dia pun diusir dari istana Kerajaan Jenggala. Raden Putra lantas pergi tanpa mengajak Dewi Candra Kirana. Tidak diketahui dimana keberadaan Raden Putra kemudian.
      Dewi Candra Kirana lantas mencari keberadaan suami tercintanya itu. Untuk menutupi jati dirinya Dewi Candra Kirana menyamar laksana perempuan desa biasa. Dalam pengembaraannya, Dewi Kirana Bertemu seorang janda kaya bernama Mbok Randa Karangwulusan. Ia pun diangkat anak oleh janda kaya itu dan dIberi nama Kleting Kuning.
       Mbok Randa Karangwulusan telah mempunyai tiga anak perempuan. Kleting Abang, Kleting Wungu, dan Kleting Biru nama mereka. Oleh Mbok Randa Karangwulusan, Kleting Kuning dipersaudarakan dengan ketiga anaknya dan dianggap sebagai anak bungsu.
       Dalam kehidupan sehari-hari, tiga anak Mbok Randa Karangwulusan sangat jahat perilakunya pada Kleting Kuning. Mereka iri dengan kecantikan wajah Kleting Kuning. Karena perasaan irinya, mereka sengaja meminta Kleting Kuning mengenakan pakaian yang jelek dan kumal hingga Kleting Kuning tampak seperti pembantu yang telah kehilangan kewarasan. Mereka juga meminta KLeting Kuning rnengerjakan semua pekerjaan rumah tangga. Dari mulai mencuci, memasak dan membersihkan rumah harus di kerjakan Kleting Kuning sendirian. Kadang mereka juga meminta Kleting Kuning untuk mengerjaakan pekerjaan yang sangat sukar, seperti mencuci periuk tembaga yang telah lama digunakan hingga menjadi kembali bersih dan baru Tubuh Kleting Kuning berbau karena seperti tidak ada kesempatan baginya guna membersihkan diri. Semua itu diterima Kleting Kuning dengan sabar dan ikhlas. Kleting Kuning yakin, kesabaran dan keikhlasannya akan rnembuahkan hasil yang baik baginya di kemudian hari.

Silahkan yg mau Download Full "Dongeng Ande-Ande Lumut" sudah dalam bentuk Ms. Word & Pdf ( Dongeng Ande-Ande Lumut.docx & Dongeng Ande-Ande Lumut.pdf )  di bawah sini :

Berbagi :

:

Komentar

Posting Komentar