Makalah Tempe Kedelai




A. Latar Belakang
    Bioteknologi  terbagi  menjadi  3  yaitu  bioteknologi menggunakan mikroorganisme,  kultur  jaringan,  dan  rekayasa  genetika.  Bioteknologi yang menggunakan mikroorganisme (seperti bakteri, kahmir (yeast), dan kapang) antara lain penemuan dan penyelesaian masalah pangan, obat-obatan, pembasmi hama tanaman, pencemaran, pembasmian hama tanaman, dan pemisahan logam dari bijih logam. Salah penerapan bioteknologi yang menggunakan jasa mikroorganisme untuk pangan adalah tempe. Siapa yang tak kenal tempe. Tempe yang menurut kabarnya adalah makanan asli Indonesia dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lainyang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus ini banyak disukai. Rasanya yang lezat, harganya murah dan mudah didapat. Apalagi sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri bermanfaat untuk kesehatan. Tempe makanan yang  sering dijumpai  di  rumah  maupun  di  warung-warung, sebagaipelengkap hidangan ternyata memiliki kandungan dan nilai cerna yang lebih baik dibandingkan dengan kedelai. Oleh karena itu, tempe sangat baik untuk diberikankepada segala kelompok umur (dari bayi hingga lansia), sehingga bisa disebut sebagaimakanan semua umur. Karena banyaknya manfaat dari tempe itulah maka saya tertarik untuk membuat makalah tentang Tempe ini.

B. Rumusan Masalah
     Masalah yang diambil dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
     1. Bagaimana Sejarah Dan Perkembangan Tempe?
     2. Bagaimana Cara Pembuatan Tempe
     3. Peran Tempe Sebagai Pembersih Radikal Bebas

C. Tujuan
     Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk :
     1. Mengetahui Sejarah Dan Perkembangan Tempe
     2. Mengetahui Cara Pembuatan Tempe

D. Metode Penulisan
    Makalah ini ditulis menggunakan metode kepustakaan yaitu dengan cara mengutip dari majalah, buku maupun intenet secara langsung dan dengan dianalisa terlebih dahulu.

Pembahasan
A. Sejarah Dan Perkembangan Tempe
    1. Asal Usul Tempe Kedelai
    2. Tempe di Indonesia
    3. Tempe di Luar Indonesia

B. Pembuatan Tempe Kedelai
    1. Perebusan
    2. Pengupasan
    3. Perendaman dan Pengasaman
    4. Pencucian
    5. Inokulasi dengan Ragi
    6. Pembungkusan dan Fermentasi

C.    Peran Tempe Sebagai Pembersih Radikal Bebas

Silahkan yg mau Download "Makalah Tempe Kedelai" sudah dalam bentuk Ms. Word & Pdf ( Makalah Tempe Kedelai.docx & Makalah Tempe Kedelai.pdf )  di bawah sini :

Berbagi :

:

Komentar

Posting Komentar